Tronton Dibiarkan Bebas Melintas Jalan Raya Tenjo

Tronton, ini masalah baru buat jalan rayaTenjo, dan keamanan pengguna jalan raya lainya. Sudah hampir dua bulan ini (setahu saya) kendaraan berat itu bebas langgang melintasi jalan raya tenjo yang sekarat. Dan durasinya sudah sangat menghawatirkan, karena setiapjam selalu ada saja kompoi tronton melintasi jalan raya tenjo.

Menurut informasi dari tukang ojek, dan beberapa orang lainya, tronton yang melintas jalan raya Tenjo adalah tronton kosong yang akan menuju pangkalan pasir di daerah Maja (Kab. Lebak). Jadi mereka setelah mengirim pasir, pulangnya lewat jalan raya Tenjo.

Dalam pengamatan saya, saat ini tronton-tronton tersebut sudah sangat banyak, dan melintas tidak mempunyai aturan waktu. Dari subuh sampai subuh lagi kendaraan tersebut kerap melintas. Maklum tempat tinggal saya berdekatan dengan jalan raya, jadi sedikit banyak saya memperhatikan volume lalu lalang kendaraan tersebut.

Masalah
Menurut saya jika keadaan ini terus dibiarkan, maka lambat laun kondisi jalan raya Tenjo bisa jadi seperti Jalan di Parungpanjang yang dipenuhi Tronton setiap harinya. Dan sudah tentu akan banyak sekali yang dirugikan, pertama kondisi jalan yang tanpa tronton pun sudah sangat buruk, apalagi jika dibiarkan dilewati kendaraan dengan bobot berton-ton tersebut.

Masalah yang kedua, adalah kenyamanan berlalu lintas di Jalan raya Tenjo. Dengan kondisi jalan yang buruk, dan sempti, tentu akan membahayakan pengendara lainya (sepeda motor terutama) ketika berada di jalan berbarengan dengan kompoi Tronton tersebut. Saya tidak ingin, seperti yang sering terjadi di Parungpanjang yang banyak sekali kendaraan berat tersebut membuat kecelakaan lalu lintas yang merenggut banyak korban jiwa.

Masalah yang ketiga, dirugikanya pihak pemerintah kecamatan Tenjo dan Kab.Bogor. Karena yang bertanggungjawab terhadap perbaikan jalan, sudah tentu adalah pihak pemerintahan tersbut, bukan sopir Tronton atau perusahaanya.

Saran
Saran saya, sebaiknya pemerintah (pemerintah desa, kecamatan, dan kabupaten) segera mengambil tindakan sebelum Tronton-Tronton tersebut semakin bebas saja berlalu lalang di Jalan raya Tenjo.

Pemerintah desa Tenjo, sebaiknya membuat aturan sendiri tentang lalu lalang kendaraan berat yang melintasi wilayahnya. Pun dengan pemerintah tingkat Kecamatan dan Kabupaten.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar