BLSM Di Desa Tenjo Ada Yang Tidak Tepat Sasaran

BLSM Di Desa Tenjo Ada Yang Tidak Tepat Sasaran| Bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) memang banyak menuai kritikan, lantaran banyak yang tidak tepat sasaran. Ada yang seharusnya mendapatkan tapi tidak mendapatkannya tapi sebaliknya ada yang seharusnya tidak mendapatkan malah mendapatkan tunjangan tersebut. Pun yang terjadi di Desa Tenjo, saya mengambil satu sampel di Kampung Sukamaju RT.006/002 ada warga yang kalau dilihat secara kacamata ekonomi seharusnya mendapatkan tunjangan BLSM tetapi entah kenapa warga tersebut tidak mendapatkannya.

Adalah Ibu Enen, seorang ibu lansia ini adalah janda dan anak satu-satunya entah kemana. Beliau tinggal dirumah yang sangat memprihatinkan, dia tidak bekerja apapun, kehidupannya sehari-hari bergantung dari pemberian sanak saudaranya. Melihat kenyataan tersebut seharusnya Ibu Enen ini mendapatkan BLSM, tapi kenyataanya Ibu Enen in tidak mendapatkan bantuan tersebut. 

Bukan hanya Ibu Enen, tapi masih ada Ibu Armanah, nenek-nenk yang sudah tidak bisa melihat ini juga namanya tidak tercantum sebagai orang yang berhak mendapatkan BLSM. Masih ada lagi Ibu Janah, beliau juga janda yang semestinya mendapatkan jatah BLSM karena status janda dan tingkat ekonomi yang masuk kedalam kriteria orang yang berhak mendapatkan BLSM. Dan masih banyak lagi warga di kampung Sukamaju tersebut yang secara ekonomi masuk kriteria orang-orang yang berhak mendapatkan BLSM tetapi malah tidak mendapatkannya.

Ironisnya banyak warga yang secara ekonomi, usia produktif, dan memiliki mata pencaharian serta harta yang bernilai ekonomi malah mendapatkan BLSM. Kenyataan yang terjadi kampung Sukamaju merupakan satu dari sekian banyak kampung di Desa Tenjo, dan Kecamatan Tenjo secara luas bahwa data yang digunakan untuk mendeteksi warga yang seharusnya mendapatkan BLSM tidak valid. 

Tentu yang memegang peranan dalam proses pengumpulan data semestinya adalah pihak RT, RW sebelum pihak Desa melaporkannya ke tingkat Kecamatan dan Kabupaten. Dalih yang digunakan atas kesalahan data tersebut adalah bahwa data yang digunakan adalah data lama. Tapi dalih tersebut tidaklah benar-benar menjadi jawaban yang tepat sebab yang paling penting adalah bagaimana mengklarifikasi kesalahan data tersebut agar warga yang berhak segera memperoleh haknya.

Lewat blog ini saya akan coba memposting setiap perkembangan pencairan BLSM di Desa Tenjo

_________________






Share:

0 komentar:

Posting Komentar