Aksi Layanan Sehat Dompet Dhuafa di Desa Tenjo

Aksi Layanan Sehat Dompet Dhuafa di Desa Tenjo- 23 juni 2013 lalu ternyata di Kp. Leweung Gede, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo ada kegiatan amal yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa. Saya sebagai orang Tenjo tahu kegiatan tersebut malah dari internet. Kemana aja saya ya? Tapi sudahlah yang penting kegiatan tersbut pastinya sangat bermanfaat bagi masyarakat Kp. Keweung Gede khususnya.
Gambar milik Dompet Dhuafa
Sedikit tentang Kampung Leweung Gede
Saya sendiri sebenarnya lahir dan besar di kampung tersebut, tapi sekitar tahun 90-an (kalu gak salah) ada semacam pemekaran kampung waktu itu mendiang Abah KH.TB.Enjang Ijudin, pimpinan YPI Bani Harun menamai kampung-kampung tersebut, dan tempat tinggal saya waktu itu diberi nama Kp. Sukamaju yang sebelumnya bernama Kp. Cimancos. Dan banyak lagi ada Sukabaru, Sukahegar ..... jadi Kp.

Leweung Gede itu sebenarnya nama kampung purba, dan didalam kampung Leweung Gede tersebut sekarang terdiri dari beberapa kampung lagi seperti kampung sukabaru, sukahegar, sukamaju. Kenapa disebut kampung Leweung Gede? Leweung dalam bahasa sunda artinya hutan, Gede artinya besar jadi kalau diterjemahkan bebas dalam bahasa Indonesia artinya hutan besar. Memang, konon katanya kampung Leweung Gede itu kampung yang lebat dengan hutan-hutannya. Kalau sekarang sudah berkurang, jumlah penduduk yang semakin membludak membuat hutan-hutan tersebut mulai ditempati.

Repost dari web dompetdhuafa.org:
ALS gratis bertajuk “Masyarakat Sehat, Desa Berdaya” ini kerjasama Dompet Dhuafa dengan Ikatan Relawan Sosial Indonesia (IRSI).  Selama ALS berlangsung Dompet Dhuafa menerjunkan Tim Medis dari LKC Dompet Dhuafa yang dibantu oleh tenaga medis Puskesmas Tenjo.

Ketua Dewan Pembina Dompet Dhuafa, Parni Hadi mengungkapkan, layanan kesehatan gratis ini dilakukan sebagai langkah awal untuk memperbaiki tingkat kualitas kesehatan warga Desa Tenjo.
“Ini baru langkah awal, selanjutnya akan dilakukan kegiatan yang lebih komperehensif, misalnya pemberdayaan ekonomi, pendidikan juga kesehatan.” ujar Parni Hadi.

Sedangkan tindak lanjut berikutnya, imbuh Parni, adalah mengenai ekonomi dan pendidikan untuk lebih meningkatkan lagi sumber daya manusia Desa Tenjo itu sendiri. Ia juga mengatakan, nantinya akan dibuka gerai sehat di Desa Tenjo sebagai upaya tindak lanjut dari ALS sehingga warga masih bisa berobat secara gratis serta lebih dekat.

Dalam kesempatan yang sama, Parni Hadi menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah Wira yang tidak jauh dari lokasi ALS. Wira merupakan pasien penderita gizi buruk yang sudah sembuh usai mendapatkan perawatan di  RS Sumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

Diadakannya ALS di Desa TEnjo, Sekretaris Desa Tenjo Faisal mengungkapkan ucapaan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ALS di wilayahnya. Selain ia juga berharap agar kegiatan ALS dapat terus berlanjut dan tidak hanya diselengarakan saat itu saja.
sumber: Dompet dhuafa
Url: http://www.dompetdhuafa.org/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar