Wira dan Gizi Buruk di Kecamatan Tenjo

Wira dan Gizi Buruk di Kecamatan Tenjo-Sangat memilikan ketika saya melihat photo-photo bocah bernama Wira, yang tak lain penderita gizi buruk di Kp. Leweung Gede, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Bogor Barat. Saya mendapati berita tentang Wira dari media online, detik.com, kompasiana, dan dompetdhuafa.org tepat setelah beberapa bulan berita tersebut booming di internet dan media masa lainnya.

Wira, bocah 11 tahun dari pasangan Bapak Rohman (37) dan Enung (25) pada April 2013 lalu ditemukan oleh  yayasan Zakat Dompet Dhuafa, kemudian dirawat di Rumah Sakit Dompet Dhuafa dan sekitar Juni bocah kondisinya mulai membaik.

Ada satu pertanyaan, apakah cuma Wira yang menderita gizi buruk di wilayah Kecamatan Tenjo? Wira hanya satu nama yang muncul kepermukaan lantaran ditemukan oleh yayasan DD yang kemudian diekspos ke media masa. Kalau saja bocah tersebut tidak ditemukan oleh yayasan DD, apakah kasus gizi buruk akan menjadi perhatian dinas kesehatan di Kecamatan Tenjo?

Bukan cuma itu, edukasi dan sosialisasi bahaya gizi buruk pun selayaknya menjadi pekerjaan yang mesti terus menerus dilakukan kepada masyarakat di wilayah-wilayah terpencil di kecamatan Tenjo, jangan sampai ada Wira-Wira berikutnya....

Kondisi Wira sebelum dirawat april yang lalu. Photo pinjem dari kompasiana
Wira ketika dirawat. Photo pinjem dari Detik.Com
Rumah keluarga Wira. Photo pinjem dari kompasiana
Kondisi Wira saat ini setelah di rawat di rumah sakit DD. photo pinjem dari kompasiana

Share:

0 komentar:

Posting Komentar