Ada Pembangunan Pabrik di Tegal Pondoh

Kalau anda sering bepergian ke daerah Tangerang dan melewati kampung Tegal pondoh, pasti akan melihat ada proyek pembangunan. Tepatnya kalau dulu dulu di tempat praktiknya dokter Fritz, nah disitu saat ini katanya akan dibangun pabrik sepatu. Dan akibat dari proyek tersebut jalan raya yang berada tepat di depan proyek menjadi tidak nyaman, kalau kemarau jadinya "ngebul" dan kalau hujan akan licin. Belum lagi sering keluar masuk kendaraan berat tronton semakin membuat kenyamanan berlalu lintas menjadi tidak aman.

Sebenarnya dengan dibangunnya pabrik di daerah Tegal Pondoh tersebut akan menciptakan lapangan kerja, itu kalau peruasahaan mau menggunakan tenaga lokal, biasanya sih warga sekitar aka menjadi prioritas ketika ada lowongan kerja. Dan ini perlu bargening power dari tokoh, perangkat desa, dan organisasi kepemudaan.

Ini tentu akan menjadi pemasukan bagi desa, kecamatan. Tetapi disisi lain dengan adanya pabrik di wilayah yang sebenarnya daerah pemukiman, akan memberi dampak pada asmilasi budaya, karena nantinya akan berdatangan karyawan yang berasal dari daerah lainnya. Selain asimilasi, juga akan berdampak pada penyempitan ruang, karena karyawan yang bekerja akan membutuhkan tempat tinggal, dengan sendirinya itu menciptakan prosepek bisnis bagi warga disekitar pabrik yang masih memiliki tanah yang luas untuk mendirikan rumah-rumah kontrakan.

Menurut saya sih beberapa tahun kedepan konstruksi ruangan, adat, dan budaya disekitar pebrik tersebut akan berubah. Dan para perangkat desa, perangkat kecamatan semestinya memikirkan hal tersebut.
Share:

2 komentar: