12 Titik Jalur hati-hati di Jalan Raya Tenjo

12 Titik Jalur hati-hati di Jalan Raya Tenjo|Bagi anda yang akan bepergian dan kebetulan melintasi jalan raya Tenjo, sebaiknya bersikap hati-hati ketika melewati beberapa titik rawan kecelakaan di sepanjang jalan raya Tenjo. Titik hati-hati tersebut saya sebut jalur hati-hati jalan raya Tenjo. Jalur hati-hati tersebut saya mulai dari perempatan solong sampai perempatan kecamatan Tenjo, dan setelah perempatan kecamatan Tenjo sampai Sakelat Pasarebo.

Beberapa titik hati-hati yang harus diwaspadai pengendara kendaraan:
  • Tanjakan Solong, tepatnya beberapa meter setelah perempatan Solong menuju Tenjo
  • Sepanjang jalan rusak Tegal Pondoh, disini hati-hati dengan ban kendaraan anda, terlebih di musim hujan karena jalan akan berubah menjadi sungai, kalau belum pernah melewati lokasi ini ketika musim hujan lebih baik minta bantuan orang untuk menyebrangkan anda. Lihat video jalan tersebut di youtube (klik)
  • Belokan Tegal Pondoh Cilaku, tepatnya beberapa meter setelah jalan yang rusak parah banget di Tegal Pondoh.
  • Dekat proyek pembangunan Pabrik sepatu, beberapa meter setelah belokan tegal pondoh cilaku tadi. Kalau hujan jalan disini licin, karena tanah bekas mobil Tronton pengangkut tanah.
  • Pertigaan ternak Blok jambu
  • Belokan Blok Jambu, jalan di lokasi ini jelek dan berkubang seperti empang. Hati-hati kecebur.
  • Di pintu perlintasan kereta stasiun Tenjo. Hati-hati dengan kesabaran anda, kalau tidak sabar bisa-bisa kepala anda meledak lantaran kesal menunggu terlalu lama sewaktu ada persilangan kereta.
  • Belokan Kp. Sukasari, beberapa meter dari Puskesmas Tenjo, jalan yang lumayan bagus menggoda anda untuk menarik gas kuat-kuat, padahal disini belokannya lumayan menguji keseimbangan pengendara.
  • Belokan Ternak Cinyompok, disini juga pengendara wajib waspada tingkat satu. Belokan yang tajam jalur yang sempit, jarak pandang yang terhalang pepohonan membuat lokasi ini menjadi titik rawan kecelakaan tingkat satu di jalan raya Tenjo.
  • Turunan dan Tanjakan selepas ternak Cinyompok, lokasi ini juga merupakan lokasi rawan kecelakaan, hati-hati dan tetap konsentrasi.
  • Perempatan Kecamatan Tenjo, disini juga konsentrasi pengendara di tuntut waspada, karena kendaraan dari keempat arah kadang tidak bisa di prediksi.
  • Selepas kecamatan, tepatnya di turunan Singa braja, disini juga merupakan lokasi kecelakaan, maka berhati-hatilah.
Itulah 12 titik hati-hati di sepanjang jalan raya Tenjo. Jika anda melintasi jalan raya Tenjo maka usahakan tetap memacu kendaraan dengan kecepatan sedang, tidak dalam kondisi mengantuk, atau kecapean, karena medannya lumayan berbahaya. Tetap konsentrasi, dan jangan lupa selalu berdo'a.

Do'a yang sering di baca Rasulullah ketika beliau hendak bepergian:
إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنْ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِي الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ
مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالأََهْلِ
Terjemahannya:
Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Mahasuci (Allah) Dzat Yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu mengusasinya, dan sesungguhnya kepada Tuhan kami tempat kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan dan ketakwaan dan amal yang Engkau ridhoi pada perjalanan kami ini. Ya Allah, ringankanlah perjalanan kami ini dan dekatkanlah jaraknya yang jauh. Ya Allah, Engkaulah kawan (yang melindungi) perjalanan dan wakil (yang menjaga) keluarga kami. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan perjalanan dan keburukan pemandangan dan kejelekan di saat kembali, pada harta dan keluarga. 
 Jangan lupakan adab ketika dalam perjalanan
  1. Menaiki kendaraan dengan terlebih dahulu membaca bismillah dan tawakkal kepada Allah. “Bismillahi tawakkaltu alallahi laa haula walaa quwwata illa billah”. Segala hal yang diawali dengan bismillah dan tawakal kepada Allah, insya Allah membawa berkah dan keselamatan.
  2. Setelah takbir membaca, “Subhaanal ladzii sakhkharolanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun” (Mahasuci Allah yang telah menundukkan kendaraan ini, padahal kami tak kuasa menundukkannya dan kepada Allah lah kami semua dikembalikan).
    Kemudian membaca; “Allahumma innaa nas’aluka fie safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amali maa tardhoo” (Ya Allah kami mohon kepadamu dalam perjalanan ini kebaikan dan ketakwaan serta amal yang diridhoi).
    Kemudian membaca; “Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadzaa wa athwi ‘annaa bu’dahu” (Ya Allah mudahkanlah perjalanan ini, dekatkanlah jarak jauhnya).
    Kemudian membaca; “Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadzaa wa athwi ‘annaa bu’dahu” (Ya Allah mudahkanlah perjalanan ini, dekatkanlah jarak jauhnya).
    Kemudian membaca; “Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadzaa wa athwi ‘annaa bu’dahu” (Ya Allah mudahkanlah perjalanan ini, dekatkanlah jarak jauhnya).
  3.  Selama di perjalanan senantiasa banyak mengingat Allah, beristighfar, dan berdzikir
  4. Dan ketika sudah sampai di tempat tujuan, bermohon agar tempat yang dituju memberi kebaikan dan terlindungi dari berbagai kejelekan yang merusak dan membahayakan. “Allahumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro ahlihaa wa khoiro maa fiihaa. Wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa” (Ya Allah, aku memohon kebaikan, kebaikan penduduknya, dan kebaikan segala sesuatu yang ada di tempat ini. Aku berlindung dari kejelekan, kejelekan penduduknya, dan kejelekan segala sesuatu yang ada di tempat ini).
Tag: 12 Titik Jalur hati-hati di Jalan Raya Tenjo, Jalan Raya Tenjo, Jalan Tejo
Refferensi do'a dan adab perjalanan:
- doamuslim.com
- republika.co.id
Share:

0 komentar:

Posting Komentar